Berita Otomotif dan Gaya Hidup

Suzuki Vitara Brezza Tampil Perdana Di India Auto Expo 2016

29 Feb 2016 - 02:58 WIB

Suzuki Vitara Brezza di India Auto Expo 2016

Maruti Suzuki India Limited akhirnya resmi memperknalkan versi produksi dari Suzuki Vitara Brezza pada pembukaan ajang India auto Expo 2016 yang dimulai tanggal 3 Februari kemarin. Meski mengusung nama Vitara namun rupanya variant terbaru ini terlepas dari nama besar SUV legendaris Suzuki tersebut. Maruti menyebut bila model terbaru mereka tersebut lebih condong sebagai crossover dibandingkan Grand Vitara yang merupakan SUV murni.

Sayangnya meski telah resmi diperkenalkan kepada umum, namun pihak Maruti masih menutup rapat tentang harga mobil Suzuki Vitara Brezza itu sendiri. Namun yang jelas Brezza memang disiapkan untuk berduel dengan produk crossover yang telah populer terlebih dahulu di India seperti Ford Ecosport dan Tata Nexon.

Spesifikasi Suzuki Vitara Brezza

Kecenderungan Suzuki untuk melepaskan mobil anyarnya ini dari bayang – bayang Grand Vitara tercermin melalui pemilihan nama Brezza yang merupakan saduran bebas dari bahasa Italia yang berarti fresh breeze atau hembusan angin segar, nama tersebut seolah mengindikasikan bila Brezza merupakan produk yang benar – benar fresh dan otonomi alias tidak terikat dengan produk manapun lainnya.

Namun dibilang tidak terikat pun bisa diperdebatkan, sebagaimana umumnya sebuah kendaraan yang menganut konsep crossover, Brezza pun merupakan turunan dari produk lain yang telah ada sebelumnya. Brezza sangat kental dengan nuansa Swift, tak heran karena mulai dari anatomi hingga jantung kendaraan mengadopsi platform serta mesin milik mobil Suzuki terlaris sepanjang masa tersebut.

Basis Swift dianggap cukup mumpuni untuk diaplikasikan pada sbeuah kendaraan crossover, tentu saja Suzuki tidak mencomot mentah – mentah begitu saja namun dengan sejumlah modifikasi agar mampu mengakomodir fungsi dan tampilan luar yang dirancang agar semirip mungkin layaknya SUV sungguhan. Sosok mobil penjelajah ditonjolkan antara lain dengan meninggikan jarak pijak dengan tanah hingga mencapai 198 mm, tingginya ground clearence tersebut didukung pula oleh penggunaan ban R16 215/60 sebagai kaki peluncurnya.

Kombinasi two tone color sebagai pelapis kulit luar Vitara Brezza cukup membuat mobil ini memiliki tampilan yang berbeda diantara crossover lainnya. Selebihnya mobil ini masih memiliki DNA kuat Grand Vitara khususnya pada fender depan yang dibuat mengkotak alias boxy, perbedaannya terlihat pada detail ornamen grill serta lampu utama yang diupgrade dengan menggunakan model LED lamp.

Di sisi lain, gurat – gurat tegas disekeliling body Vitara Brezza manimbulkan kesan kokoh layaknya kendaraan penjelajah urban, namun anehnya pada bagian buritan kita sekilas bisa menangkap nuansa dari mobil Ertiga yang merupakan sebuah produk kendaraan keluarga alias MPV.

Prinsip gado – gado juga melingkupi hingga bagian dalam kabinnya, interior Vitara Brezza mengingatkan pada model Suzuki S-Cross yang juga merupakan produk crossover. Primadona utama pada bagian interior tak lain adalah fitur entertainment terpadu yang dilengkapi monitor layar sentuh berukuran 7 inci dengan smartplay system yang tersemat pada bagian dashboardnya.

Untuk sumber tenaga, Vitara Brezza memiliki tiga pilihan jantung mekanis masing – masing adalah mesin bensin berkapasitas 1.2L dan 1.4L serta sebuah mesin diesel DDiS 1.3L bertenaga 88,7 horse power dengan torsi puncak sebesar 200 Nm.

Tampilan Vitara Brezza memang cukup menggoda, hanya sayang seribu sayang Maruti mengungkap belum memiliki rencana untuk menjual crossover barunya itu diluar India. Suzuki Indonesia sendiri juga masih malu – malu menyatakan wacana untuk mendatangkan Brezza, walau secara implisit tersirat bila pabrikan ini ingin secepatnya terjun langsung pada segment crossover untuk menandingi rival – rivalnya yang kini tengah berpesta pora menikmati market share segment yang sedang naik daun ini.


TAGS   Grand Vitara / SUV / Crossover /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive